Friday, December 7, 2018

Makalah iklan dalam komunikasi kesehatan

A.    Definisi Iklan

1.   Iklan adalah cara yang memungkinkan kita untuk mengalihkan atau menjual pesan-pesan persuasive tentang suatu kebenaran dengan biaya yang murah. (Bovee & Arens, 1992)
2.    Iklan adalah komunikasi non personal untuk mengalihkan informasi mengenai produk, layanan atau gagasan ssecara persuasif yang dibayarkan oleh sponsor tertentu melalui beragam media. (Bovee & Arens, 1992)

B.     Pentingnya Iklan dalam Kesehatan
         1.         Iklan merupakan bentuk komunikasi.
         2.         Iklan merupakan faktor penentu efektifnya komunikasi
         3.         Iklan merupakan kunci sukses komunikasi kesehatan.
         4.         Keberhasilan iklan ditentukan oleh terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

C.    Jenis-Jenis Iklan
1.      Jenis Umum Iklan
a.       Iklan Tanggung Jawab Sosial
Iklan yang bertujuan mengajak masyarakat melakukan atau tidak melakukan sesuatu.
b.      Iklan Bantahan
Iklan yang bertujuan untuk membantah atau mengklaim sebuah informasi atau gagasan mengenai sebuah produk.
c.       Iklan Pembelaan
Iklan yang bertujuan untuk melakukan pembelaan terhadap perusahaannya.
d.      Iklan Perbaikan
Iklan untuk memperbaiki kesalahan isi sebuah iklan agar audiens atau pelanggan dapat mengetahui informasi yang sebenarnya.
e.       Iklan Keluarga
Iklan yang berkaitan dengan penyebarluasan informasi mengenai kejadian keluarga.
2.      Jenis Khusus Iklan
a.       Iklan berdasarkan khalayak sasaran psikografis
1)      Iklan konsumen
Iklan yang ditujukan untuk memperkenalkan sebuah produk kepada konsumen tertentu.
2)      Iklan perdagangan
Iklan yang memperkenalkan liku–liku perdagangan sebuah produk barang atau jasa.
3)      Iklan industri
Iklan yang memperkenalkan jenis – jenis produk industri yang dihasikan oleh sebuah perusahaan.
4)      Iklan profesional
Iklan yang memperkenalkan produk tertentu yang digunakan oleh kelompok profesional.
5)      Iklan organisasi
Iklan yang memperkenalkan liku –liku perkembangan, jatuh dan bangunnya sebuah organisasi.
b.      Iklan berdasarkan khalayak sasaran geografis.
1)      Iklan internasional
2)      Iklan nasional
3)      Iklan regional 
4)      Iklan lokal
c.       Iklan berdasarkan penggunaan media penyalur pesan.
1)      Iklan media cetak
2)      Iklan media elektronik
d.      Iklan berdasarkan fungsi dan tujuan
1)      Iklan produk dan bukan produk
Iklan produk adalah iklan yang menyebarluaskan informasi mengenai sebuah produk, dan iklan bukan produk adalah iklan yang tidak memperkenalkan produk, misalnya iklan keluarga, iklan layanan masyarakat, dan lain – lain.
2)      Iklan komersial dan bukan komersial
Iklan komersial adalah iklan yang menyebarluaskan informasi tentang produk yang akan dijual, dan iklan bukan komersial adalah iklan mengenai produk yang bersifat layanan kepada publik atau iklan sosial/masyarakat.
3)      Iklan berdampak langsung dan bukan langsung
Iklan berdampak langsung adalah iklan diranacang sedemikian rupa untuk mengajarkan perilaku individu atau kelompok sasaran. Contoh dalam iklan layanan masyarakat dapat diiklankan metode dan teknik membuang sampah pada tempatnya menguras air dari bak atau drum untuk mencegah nyamuk, dan lain-lain. Iklan tersebut mengajarkan sebuah praktik yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

D.    Fungsi-Fungsi Iklan Kesehatan
1.      Fungsi Iklan Pemasaran
Fungsi iklan dalam pemasaran berkaitan erat dengan target pasar dari sebuah produk. Jadi, iklan merupakan salah satu bentuk atau strategi pemasaran. Iklan berfungsi menyebar luaskan 4 P+1S, Produk, price, place, dan promotion + service.  Perhatikan, sebagian iklan sedapat mungkin memperkenalkan produk, menyampaikan karakteristik produk, harga produk, tempat sebuah produk dan bagaimana melayani konsumen sebaik-baiknya agar puas.
2.      Fungsi Efek Pemasaran
a.       Mengidentifikasi produk dan menjelaskan perbedaan produk tersebut dengan produk lain.
b.      Mengomunikasikan informasi mengenai produk tertentu.
c.       Menganjurkan pencobaan produk baru secara bertahap dan akhirnya membuat para peminat memutuskan untuk membeli dan tetap memakai barang yang diiklankan itu.
d.      Merangsang penyebaran iklan produk yang pada gilirannya mengakibatkan peningkatan pengunaan produk.
e.       Membangun perasaan konsumen agara tetep merasa dekat dan mencintai produk. Akibatnya, konsumen akan tetap memakai produk tersebut dalam jangka waktu yamg lama.
3.      Fungsi Komunikasi
a.       Memberikan penerangan dan informasi tentang produk.
b.      Memberikan pesan yang berbau pendidikan.
c.       Berusaha menciptakan pesan yang menghibur.
d.      Memengaruhi khalayak.
4.      Fungsi Ekonomi
Fungsi iklan untuk menginformasikan sesuatu yang berkaitan dengan keadaan dan perkembangan ekonomi suatu masyarakat. Misalnya, mengetahui bahwa dipasar ada produk baru, memberikan informasi mengenai persaingan produk.
5.      Fungsi Sosial
Iklan yang bermanfaat untuk mengajak masyarakat melakukan aktivitas pro sosial.
6.      Fungsi Berdasakan Kepentingan Komunikator dan Komunikan
a.       Komunikator-komunikator merupakan organisasi organisasi bisnis yang mengahasilkan produk, atau orang yang mengiklankan barang melalui media.
b.      Komunikan berfungsi menambahakan pengetahuan mengenai barang yang diiklankan, memperkuat persepsi yang positif mengenai sebuah produk, meyakinkan konsumen agar tetap menggunakan suatu produk.
7.      Fungsi Dampak Ekonomi
a.       Prinsip bola biliar (sekali pukul satu bola akan menyentuh sejumlah bola lain). Prinsip ini menganalogikan bahwa setiap iklan akan merangsang hadirnya persaingan atau munculnya produk lain yang lebih kompetitif.
b.      Dampak mikro ekonomi iklan mengenai suatu produk dapat mendorong perubahan struktur ekonomi mikro, misalnya perubahan skala ekonomi pada keluarga atau komunitas.
c.       Dampak makro ekonomi iklan mengenai suatu produk yang dapat mempengaruhi perubahan struktur ekonomi makro. Misalnya, harga saham dapat memengaruhi struktur ekonomi suatu bangsa sehingga kita mengubah APBN  atau APBD.

E.     Merencanakan Iklan Kesehatan
1.      Meneliti Karakteristik Publik atau Konsumen
Riset pasar meliputi kategori pasar berdasarkan segmen psikograris, geografis, demografis, dan kebutuhan setiap kategori itu pada barang yang akan dijual.
2.      Meneliti Pesan Iklan yang Dibutuhkan Pasar atau Konsumen
a.    Stuktur pesan
1)      Mengarah pada kesimpulan pesan, pesan yang tersirat atau tersurat.
2)      Urutan argumentasi, mana yang lebih dulu argumentasi yang menyenangkan atau yang tidak menyenangkan.
3)      Pola objektivitas pesan, pola satu sisi atau dua sisi.
b.    Gaya pesan
1)      Variasi linguistik
2)      Perulangan
3)      Mudah dimengerti dan mudah diingat
4)      Perbendaharaan kata.
c.    Appeals message
Mengacu pada motif-motif psikologis dari pesan (rasional, emosional, fear appeals, dan reward appeals), (Rakhmat, 1989).
3.      Meneliti Pilihan Media Menyebarluaskan Informasi
a.       Personal selling, siapa yang patut menjual.
b.      Non personal selling, media yang paling baik untuk digunakan.

F.     Dampak Sosial dan Legal dari Iklan Kesehatan
1.      Dampak Sosial
a.       Iklan membuat bahasa kita menjadi bias.
b.      Iklan membuat kita menjadi materialistik.
c.       Iklan melakukan manipulasi pesan sehingga kita membeli sesuatu yang sebenarnya tidak kita butukan
d.      Iklan itu excessive (melebih-lebihkan sesuatu).
e.       Iklan itu bersifat ofensif atau membangun rasa buruk.
f.       Iklan membangun stereotip.
g.      Iklan itu deceptive.
h.      Iklan membangun daya tahun.
2. Dampak Legal
a.       Pelanggaran etika
b.      Pelanggaran HAM
c.       Menghina orang, kelompok, suku bangsa, agama dan golongan lain.
d.      Menghina produk lain.
e.       Membentuk stereotip negatif terhadap produk lain atau SARA.

No comments:

Post a Comment

Makalah hak asasi manusia menurut pancasila

A.     Hak Asasi Manusia 1.       Pengertian Hak Asasi Manusia a.        UU No. 39 Tahun 1999 Menurut UU No. 39 tahun 1999 HAM ialah...